Cara Mengatasi Kerusakan Pada Starter Motor

Cara Mengatasi Kerusakan Pada Starter Motor – Pada masa kini ini, semua jenis sepeda motor telah dilengkapi dengan starter elektrik. Starter elektrik pada sepeda motor berfungsi untuk memudahkan pengguna sepeda motor yang hendak menghidupkan mesin sepeda motor. Starter ini dirancang secara khusus untuk menghidupkan mesin motor secara otomatis tanpa harus menekan handle starter (Kick Starter). Seperti jenis alat elektrik lainnya, starter elektrik motor juga sanggup mengalami kerusakan atau tidak berfungsi.
Untuk memperbaiki starter motor yang rusak, maka perlu dikenali penyebab dari kerusakan yang ada. Hal umum yang pertanda starter motor telah mengalami keruskan yaitu tidak adanya reaksi atau tidak menyebabkan bunyi dikala tombol starter motor ditekan. Berikut ini beberapa hal yang sanggup Anda lakukan untuk mengatasi starter motor yang rusak :
Memeriksa Accu
Accu merupakan sumber listrik yang ada pada sepeda motor. Accu akan menyalurkan arus listrik kesemua komponen kelistrikan yang ada, termasuk starter motor. Jika starter motor Anda tidak berfungsi secara baik atau mengalami kerusakan, cobalah periksa tegangan arus accu motor dengan memakai Multimeter. Jika tegangan yang ada kurang dari 12 volt, itu berarti kerusakan bukan pada starter motor Anda, tetapi alasannya ada kerusakan pada accu motor.
Memeriksa Rangkaian Sistem Starter
Jika tegangan arus accu masih baik atau mencapai 12 volt, maka selanjutnya lakukan investigasi pada rangkaian sistem starter. Pastikan bahwa arus litrik tidak terganggu akhir adanya kabel yang putus, atau tombol starter kotor, sehingga menghambat arus listrik. Gunakan multimeter untuk menyelidiki sistem kelistrikan pada starter motor.
Memeriksa Relay Starter
Setelah memastikan bahwa accu dan rangkaian sistem starter dalam keadaan baik, maka selanjutnya lakukan investigasi pada relay starter, apakah mengalami gangguan sehingga tidak sanggup menghubungkan arus listrik. Coba hubungkan dua buah kabel yang biasanya terdapat pada soket ke  accu (min dan plus jangan hingga terbalik). Satukan kedua kabel tersebut, kalau terdengar suara, maka kondisi relay starter masih dalam keadaan baik.
Memeriksa Starter Motor Yang digunakan
Jika dari ketiga investigasi yang telah Anda lakukan yaitu menyelidiki accu, rangkaian sistem starter dan relay starter, ternyata tidak ada kerusakan, maka kemungkinan kerusakan ada pada starter motor itu sendiri. cobalah periksa starter motor yang ada dengan memakai multimeter. Hubungkan probe (+) multimeter dengan kabel yang menuju ke ke starter motor, dan hubungkan probe (-) mutimeter dengan massa. Selanjutnya tekan tombol starter motor sambil melihat jarum multimeter. Jika jarum bergerak maka pertanda ada arus yang mengalir, dan sanggup dipastikan bahwa starter motor telah rusak.
Demikian Cara Mengatasi Kerusakan Pada Starter Motor yang sanggup Anda lakukan. Lakukan perawatan starter motor secara rutin, biar sanggup berfungsi lebih lama. Semoga bermanfaat.


Sumber http://cari2-cara.blogspot.co.id/