Cara Merawat Rantai Motor Semoga Lebih Awet

Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet –  Rantai merupakan salah satu adegan fital dari kendaraan bermotor. Rantai berfungsi sebagai penyambung gerak putar antara gear yang berada pada mesin dengan gear yang terpasang pada adegan roda. Bagi Anda yang selalu memakai sepeda motor non matic untuk aktifitas sehari-hari ibarat pergi ke daerah kerja, ke sekolah, dan aktifitas lainnya yang memakai motor, maka perawatan kendaraan tersebut menjadi sangat penting, terutama pada adegan rantai motor.
Rantai motor yang tidak terawat dengan baik tentunya sanggup menimbulkan problem ibarat rantai cepat mengalami kerusakan, motor menjadi tidak nyaman digunakan, dan lain sebagainya. Untuk merawat rantai motor sangat gampang dilakukan, tanpa harus membawanya ke bengkel motor. Berikut ini tips merawat rantai motor yang sanggup Anda lakukan :
1. Memeriksa Kondisi Rantai
Lakukan investigasi kondisi rantai secara terjadwal dan cermat. Hal ini dilakukan semoga Anda sanggup mengetahui kondisi rantai lebih awal. Apabila terjadi perubahan kondisi rantai, maka Anda sanggup segera mengatasinya, sehingga kerusakan yang lebih parah sanggup dihindari.
2. Menjaga Kebersihan Rantai
Membersihkan rantai dari bubuk dan kotoran yang menempel akan menciptakan kondisi rantai selalu terjaga dengan baik. Kotoran-kotoran yang dibiarkan menempel terlalu usang pada rantai akan menciptakan rantai cepat kering, berkarat dan balasannya rusak.
3. Mengatur Tingkat Ketegangan Rantai
Setelah Anda memastikan bahwa rantai telah terbebas dari kotoran, maka selanjutnya periksa tingkat ketegangan rantai motor Anda. Rantai yang terlalu tegang sanggup mengakibatkan rantai gampang putus, dan rantai yang terlalu kendur sanggup mengakibatkan rantai gampang terlepas dari kedudukannya. Pengaturan ketegangan rantai yang pas, akan menciptakan rantai lebih awet.
4. Mengatur Posisi Rantai
Setelah tingkat ketegangan rantai telah disesuikan, selanjut yang harus diperhatikan ialah posisi rantai. Letak antara gear depan, rantai dan gear belakang harus sejajar, sehingga pergerakan putaran rantai akan selalu berada pada jalurnya. Dengan demikian rantai akan terhindar dari kerusakan, fungsi dan kegunaannya sanggup bertahan lebih lama.
5. Memberikan Pelumas Rantai
Setelah rantai motor bersih, tingkat ketegangan dan posisi rantai telah sesuai, maka berikan pelumas (Chain Lube) pada rantai tersebut. Pelumas akan membantu mengurangi goresan rantai pada gear, sehingga rantai tidak gampang aus dan pemakaiannya sanggup bertahan lama.
6. Mengatur Perpindahan Transmisi
Ketika mengendarai motor, jangan melaksanakan perpindahan gigi transmisi dengan bernafsu semoga tidak terjadi hentakan pada rantai dan gear. Jika hentakan pada rantai dan gear sering terjadi secara kasar, maka hal itu sanggup memperpendek usia pemakaian rantai motor. Lakukan perpindahan transmisi secara halus, semoga hentakan yang terjadi tidak terlalu berat.
Itulah Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet yang harus Anda lakukan. Jika rantai motor Anda harus diganti dengan yang baru, maka jangan asal menggantinya. Gunakan rantai yang original sesuai dengan merek motor Anda. Semoga bermanfaat.


Sumber http://cari2-cara.blogspot.co.id/