Cara Monetize Blog,Tanpa Adsense Dan Sejenisnya

Sy blogging nyambi aja, dan belajarnya on-off ga konsisten. Itu sebabnya skill seo sy juga seadanya pula. Sejauh ini blog sy cuma bisa menghasilkan sekitar 200-300 visitor aja sehari, tapi dari segi income untuk ukuran level seo menyerupai sy, rasanya tidak mengecewakan juga. blog bisa generate sekitar $600/bulan.. sy coba tulisin secara detail apa yg sy lakuin disini ..

Cara monetize yg sy lakuin berupa menjual banner space secara eksklusif ke advertiser. dari 3 spot ads yg dijual, total masuk $600/bulan .. kenapa banner? lantaran dari source lain menyerupai adsense, clickbank, dll hasil dari blog sy minim sekali.. lantaran visitornya yg memang seuprit dan nilai klik adsensenya mungil bgt.

Kunci dan langkah yg saya lakuin ;

Niche

Pilih niche yang khusus/terbatas. Semaksimal mungkin isi dari blog kita membahas soal niche tersebut in-outnya dengan jelas. Konten sebisa mungkin bermanfaat dan memang diharapkan untuk niche tersebut. Ga ada konten ‘sampah’ dalam blog kita..

Coba brainstorming aja untuk niche yg mau dipilih. Saat nongol di otak soal niche tertentu, coba googling dan teliti web yang muncul di halaman pertama. Perhatikan iklan yang muncul di web tersebut ; apakah pengiklan eksklusif atau adsense? apakah iklannya masih dalam satu niche? klik link advertiser tersebut dan catat webnya. Nantinya akan kita jadikan sasaran penawaran direct iklan dari blog/web kita.

Yang paling praktis ialah bikin blog soal hobby/passion/kesukaan kita sendiri. Saat mengisinya lebih lezat dan ringan..
Tips menentukan niche ; masuk ke web directory misalkan dmoz dot org, kemudian pilih-pilih aja dari sana. Bila perlu dikembangkan dan persempit lagi.

Struktur dan tampilan website

Gunakan theme yang tampilannya profesional, ringan, typographynya bagus, font lezat dibaca. Sy pakai wordpress dan theme nyari di themeforest. Awalnya bajakan tapi kini pakai yg orisinil . Tampilan ini dibutuhkan buat menampilkan kesan “profesional” dari blog yg kita bikin, sehingga advertiser percaya.. seringkali meskipun konten dari web kita anggun banget, tapi advertiser tidak tertarik lantaran tamppilan web yang kurang menarik.

Pastikan page about us dan contact di isi dengan rapi dan menarik. Gampangnya copas aja dari web lain kemudian edit dan ubah dikit-dikit.
Pastikan pula theme yang dipakai ada sajian untuk iklan /ads nya.. semoga praktis ntar jika ada advertiser.

Struktur website juga perlu diperhatiin, buat susunan konten yang teratur baik kategori maupun tagnya (wordpress).

SEO dan konten

Buat SEO, lantaran skill sy terbatas sekali, maka seo offpage nya pun seadanya dan semampunya aja. Sy pikir teman-teman disini skill seo offpage nya niscaya lebih anggun dari saya.

SEO onpage, sy memastikan struktur konten web terang hirarki nya, tidak acak-acakan. Langkahnya ialah di sebelum bikin web ;
research kw. Standar aja . pilih beberapa kw yang bisa kita jadikan ‘pecahan’ dari niche yang kita ambil. Gunakan sebagai kategori, selain buat konten juga.
bikin coret-coretan struktur dulu dari web yg akan dibuat.
analogi yg praktis dikala bikin struktur website, bayangkan menyerupai denah organisasi aja.. kategori sebagai sub struktur, dan post sebagai penguat dari kategori. Setelah dirasa baiklah barulah web dibuild.

alamat web tidak perlu kw dalam url, yang penting lezat dan brandable.
Bahan artikel . Ambil dari hasil research kw diatas, cari longtail nya.. bisa dengan google suggestion. Satu artikel di isi dengan 2-3 longtail kw yang berdekatan.
Konten artikel sebisa mungkin berkhasiat dan ga malu-maluin jika di share oleh reader.
Fresh konten. Sebisa mungkin seminggu minimal ada 3-4 fresh konten. Gunanya fresh konten ini untuk menandakan aktifitas dari web kita. Sukur-sukur jika fresh konten tersebut mengejar long tail kw dari niche yg diambil juga. Fresh konten bisa mengambil dari news-news dalam satu niche yg kita ambil, kemudian kita gabungkan dan rewrite.
email list. Bikin email subscriber buat dapetin email list. Caranya standar aja sih.. daftar di jadwal newsletter yg ngasih free akun menyerupai mailchimp dll, dan buat pemancing subscribernya bisa berupa ebook dll.

sosmed (facebook). ini sy buat untuk generate traffic di awal-awal. sy gunain facebook akun beberapa biji dan add friendnya tertarget. Cara nyari friend Fb tertargetnya bisa memakai facebook graph search.

Sepengalaman sy, struktur web yg baik bikin lezat visitor menikmati web kita, dan juga cepat mendapat sitelink dari google. Selain itu, membikin flow link juice dalam web lebih bagus.

Monetize

Disaat web kita udah dapet visitor stabil, barulah mulai untuk monetize. Langkahnya ;
Mencari calon advertiser . Caranya dengan googling di web se niche, kemudian perhatikan iklan banner mereka; apakah se niche dengan webnya ? apakah direct advertiser, adsense, atau affiliasi ? jika tidak seniche skip aja. Kalau direct advertiser atau adsense, lihat web pengiklan tersebut. masukan ke list yang akan kita kirim email penawaran. jika affiliasi, bisa kita gunakan juga ntar affiliasi programnya buat nambah2 source income.
Buat email penawaran. Kirim email penawaran spot iklan yang profesional, sertakan dalam email tersebut media kit dalam bentuk PDF yang lezat dilihat. Konten media kit berupa letak iklan yang ditawarkan, harga, kondisi iklan (jenisnya image/animasi, dirotasi atau tidak,muncul dimana aja, dll).

yang ditawarkan bisa berupa banner, email blast ke subscriber web, status di facebook grup/akun/page, twitter, dll .

Buat email khusus untuk advertising ini. Gunakan email dari web anda, jangan email gratisan. misalkan namaanda[at]webanda. com, pr[at]webanda. com
kirimkan email registrasi dan berdoa
Hasil beberapa bulan terakhir dari blog sy ..

 Itu sebabnya skill seo sy juga seadanya pula  Cara Monetize Blog,Tanpa Adsense dan Sejenisnya

visitor

 Itu sebabnya skill seo sy juga seadanya pula  Cara Monetize Blog,Tanpa Adsense dan Sejenisnya

Intinya :

Hosting Unlimited Indonesia

Meskipun skill seo nya masih unyu menyerupai sy, monetize bisa tidak mengecewakan kok. Buat teman-teman yg sudah baiklah SEO nya, sy yakin akibatnya bisa jauuh lebih besar. harga dari iklan yang ditawarkan bisa naik seiring dengan banyaknya visitor,subscriber, dll …
Sumber https://perampokgoogle.blogspot.co.id