Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan

Berikut ini yaitu berkas dan paparan mengenai Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan. Unduh file format .pptx Microsoft PowerPoint, .docx Microsoft Word dan PDF.

 Berikut ini yaitu berkas dan paparan mengenai Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan
Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan

Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan

Berikut ini salah satu kutipan teks dari isi berkas dan paparan mengenai Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan:
Pengertian
Dalam pengertian umum katalog dikatakan sebagai daftar. Sedangkan menurut terminologi perpustakaan bahwa katalog perpustakaan yaitu daftar buku atau materi pustaka lain (non books material) yang berada di perpustakaan yang disusun dan disusun menurut suatu sistem tertentu sehingga dapat memudahkan pemakai perpustakaan (users/pemustaka) dalam mencari informasi. Sedangkan istilah katalogisasi berasal dari kata dasar katalog dan akhiran sasi. Akhiran sasi menyampaikan suatu acara atau proses. Dengan demikian dapat diartikan bahwa katalogisasi yaitu merupakan suatu proses atau acara pembuatan katalog (deskripsi bibliografis).
Fungsi katalog
  1. Memudahkan pemakai perpustakaan untk menemukan informasi yang mereka cari secara mudah, cepat dan tepat
  2. Memudahkan baik bagi pemakai maupun petugas perpustakaan untuk pengambilan dan penempatan kembali materi pustaka tersebut
  3. Dapat diketahui secara fisik materi pustaka tersebut, misalnya: jilid, jumlah halaman dan ukuran materi pustaka tersebut
  4. Azas keseragaman yatu dapat dipakai untuk kerjasama antar perpustakaan (jaringan informasi) dengan cara tukar menukar informasi hal ini alasannya yaitu dalam penulisan deskripsi bibliografis dari perpustakaan manapun mempunyai bentuk yangv standar (sama)
  5. Dapat diketahui jumlah koleksi yang dimiliki perpustakaan alasannya yaitu dalam katalog terdapat nomor induknya (accession numbernya)
Bentuk fisik katalog
Pada dasarnya bentuk fisik katalog terdiri dari banyak sekali macam, sedangkan penggunaannya dapat diadaptasi dengan kebutuhan masing-masing perpustakaan.
Adapun jenisnya dapat dirinci sebagai berikut :
a. Katalog buku
Katalog buku ini merupakan katalog yang terbua dari lelmbaran-lembaran lepas yang disusun secara sistematis (berdasar sistem tertentu) yang kemudian dijilid menjadi satu dan berbentuk buku. Bentuk katalog semacam itu merupakan bentuk pertama kali yang dikenal masyarakat sebelum diketumukan katalog bentuk lain. Bentuk semacam itu kurang banyak menguntungkan alasannya yaitu bila ada suplemen buku gres otomatis akan dibuatkan katalog gres sehingga hal ini akan menyulitkan dalam penyususnan kartu katalognya. Oleh alasannya yaitu itu katalog dalam bentuk buku ini dalam batas-batas tertentu sudah mulai ditinggalkan.Namun demikian masih sering digunakan untuk pembuatan laoran tamabahan koleksi/ buku (accession list).
b. Katalog kartu
Katalog tersebut memakai media kartu yang mempunyai ukuran standard international yaitu 12,5 x 7,5 cm, pada bab bawah terdapat lubang kecil yang fungsinya untuk memasukkan kawat sebagai pengunci biar katalog tersebut tidak awut-awutan atau diambil/ dicabut begitu saja oleh pemakai perpustakaan 
c. Katalog komputer / katalog berkas
Bentuk katalog yang ditransformasikan dalam format yang dibuat untuk kepentingan komputer atau yang disebut dengan OPAK (Online Public Access Catalog). Apabila katalog tersebut disimpan dalam data base komputer maka dapat dipakai untuk penelusuran informasi informasi (searching) secara mudah, cepat dan tepat.
Jenis katalog
Katalog dapat dibagi menurut jenisnya hal ini dipakai untuk kepentingan penelusuran informasi, jenis tersebut antara lain :
a. Katalog pengarang
Katalog pengarang merupakan katalog yang disusun berdasarkan alphabetis nama pengarang, sehingga apabila pemakai perpustakaan hanya mengetahui nama pengarangnya saja, maka mereka dapat menelusur melalui nama pengarang yang dimaksud sehingga mereka dapat memperoleh beberapa informasi perihal bermacam-macam judul buku apa saja yang dikarang oleh orang tersebut.
b. Katalog judul
Katalog yang disusun berdasarkan alphabetis judul
c. Katalog subyek
Katalog yang disusun berdasarkan alpabetis subyek
d. Katalog numerik/shelf list katalog
Dikatakan katalog numerik alasannya yaitu katalog tersebut disusun berdasarkan pada urutan nomor klasifikasi, atau juga dinamakan katalog shlf list yaitu katalog yang susunannya didasarkan persis menyerupai susunan pada jajaran buku di rak.

    Unduh Berkas dan Paparan Mengenai Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas dan paparan mengenai Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:

    Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan.pdf

    Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan (Materi DIKLAT KPS PERPUS 2017).pptx


    Demikian yang mampu kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file berkas dan paparan mengenai Katalogisasi Monograf Buku Perpustakaan. Semoga mampu bermanfaat.

    Lihat juga beberapa informasi dan berkas dengan kategori Perpustakaan lainnya di bawah ini.

    Hosting Unlimited Indonesia


    Sumber http://www.berkasedukasi.com