Pedoman Pelaksanaan Kegiatan UKS di Sekolah dan Madrasah

Berikut ini yakni berkas Pedoman Pelaksanaan Kegiatan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) di Sekolah/Madrasah . Unduh file format .docx Microsoft Word dan PDF.

 Berikut ini yakni berkas Pedoman Pelaksanaan Kegiatan UKS  Pedoman Pelaksanaan Kegiatan UKS di Sekolah dan Madrasah
Pedoman Pelaksanaan Kegiatan UKS di Sekolah dan Madrasah 

Pedoman Pelaksanaan Kegiatan UKS di Sekolah/ Madrasah 

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Pedoman Pelaksanaan Kegiatan UKS di Sekolah dan Madrasah:
Keberhasilan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/madrasah (UKS) pada hasilnya akan terlihat/tercermin pada perilaku hidup sehat dan derajat kesehatan penerima didik, dan ini merupakan dampak yang dibutuhkan dari keseluruhan referensi pembinaan dan pengembangan UKS. Hal ini dikarenakan UKS merupakan wadah dan aktivitas untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan penerima didik sedini mungkin, yang dilakukan secara terpadu oleh 4 Kementerian terkait beserta seluruh jajarannya baik di sentra maupun di daerah. Adapun landasannya, yaitu SKB 4 Menteri, yaitu Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri.
Usaha membina, mengembangkan, dan meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan penerima didik dilaksanakan melalui aktivitas pendidikan di sekolah/madrasah dengan banyak sekali kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikulernya, serta melalui usaha-usaha lain diluar sekolah/madrasah yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan masyarakat.
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh Tim Pembina UKS Pusat ternyata masih cukup banyak sekolah/madrasah yang belum melakukan UKS secara baik dan benar, terutama disebabkan kurangnya buku-buku/pedoman pelaksanaan UKS di sekolah/madrasah. Dengan adanya buku ini dibutuhkan dapat membantu Tim Pelaksana UKS dalam melakukan aktivitas UKS di sekolah/madrasah
Sasaran Pedoman Pelaksanaan UKS ini yakni Tim Pelaksana UKS di sekolah/madrasah baik negeri maupun swasta.
Tujuan dari Pedoman Pelaksanaan UKS ini ialah biar UKS dapat dilaksanakan di sekolah/madrasah sesuai dengan panduan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Tim Pembina UKS. Secara rinci tujuan yang hendak dicapai yakni sebagai berikut:

  1. Membantu guru dan kepala sekolah/madrasah sebagai Tim Pelaksana UKS dalam memahami banyak sekali berita wacana UKS dan dapat melaksanakannya disekolah/madrasah masing-masing; 
  2. Membantu guru dan kepala sekokah sebagai Tim Pelaksana UKS dalam memahami cara menyusun dan melakukan rencana kegiatan UKS di sekolah/madrasah masing-masing;
  3. Membantu guru dan kepala sekolah/madrasah sebagai Tim Pelaksana UKS dalam memahami dan menguasai cara melaksakan tiga aktivitas pokok UKS (Trias UKS);
  4. Membantu guru dan kepala sekolah/madrasah sebagat Tim Pelaksana UKS dalam memahami dan menguasai cara melakukan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan UKS.
Ruang lingkup buku ini yakni bagaimana melakukan UKS secara benar yang meliputi bagaimana pembentukan Tim Pelaksana UKS, penyusunan rencana/program UKS bagi Tim Pelaksana UKS, dan cara melakukan aktivitas UKS serta bagaimana cara melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporannya.
Tujuan UKS
a. Tujuan Umum
Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah/madrasah yakni untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi berguru penerima didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan penerima didik dan menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan Yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan insan Indonesia seutuhnya.
b. Tujuan Khusus
Memupuk kebiasaan hidup sehat dan meningkatkan derajat kesehatan penerima didik yang di dalamnya mencakup:
  1. Memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melakukan prinsip hidup sehat serta berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan;
  2. Sehat, baik dalam arti fisik, mental maupun sosial dan;
  3. Memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap Pengaruh buruk penyalahgunaan narkotika, Obat-obatan dan materi bebahaya, alkohol (minuman keras), rokok dan sebagainya. 
Sasaran UKS
Sasaran UKS yakni penerima didik dari tingkat pendidikan dasar hingga dengan tingkat pendidikan menengah (TK, SD, SMP, dan SMA/SMK) termasuk penerima didik di perguruan tinggi agama beserta lingkungannya.
Sasaran Pembinaan UKS
Adapun sasaran Pembinaan UKS yakni sebagai berikut:
  1. Peseta didik;
  2. Pembina teknis (guru dan petugas kesehatan);
  3. Pembina nonteknis (pengelola pendidikan, karyawan sekolah/madrasah);
  4. Sarana dan prasarana pendidikan serta pelayanan kesehatan;
  5. lingkungan (lingkungan sekolah/madrasah, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat sekitar sekolah/madrasah).
Ruang Lingkup UKS di Sekolah/madrasah
Ruang lingkup UKS yakni ruang lingkup yang tercermin dalam Tiga Program pokok Usaha Kesehatan Sekolah/madrasah (disebut Trias UKS) meliputi;
  1. Penyelenggaraan Pendidikan Kesehatan;
  2. Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan;
  3. Pembinaan lingkungan Sekolah/madrasah Sehat.
Ruang Lingkup Pembinaan UKS
  1. Penyusunan perencanaan program;
  2. Pelaksanaan program; 
  3. Pengendalian program; 
  4. Penilaian dan penelitian;
  5. Manajemen dan organisasi termasuk ketenagaan, sarana dan prasarana serta pembiayaan.
Tim Pembina UKS dan Tim Pelaksana UKS
Untuk melakukan peran pembinaan dan pengembangan UKS secara terpadu dan terkoordinasi, maka dibentuk Tim Pembina UKS pada setiap jenjang Pemerintahan, yaitu:
  1. Tim Pembina UKS Tingkat Pusat;
  2. Tim Pembina UKS Tingkat Provinsi;
  3. Tim Pembina UKS Tingkat Kab/Kota; 
  4. Tim Pembina UKS Tingkat Kecamatan.

    Unduh Pedoman Pelaksanaan Kegiatan UKS di Sekolah dan Madrasah 

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Pedoman Pelaksanaan Kegiatan UKS di Sekolah dan Madrasah  ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Download File:

    Pedoman Pelaksanaan Kegiatan UKS di Sekolah dan Madrasah .pdf

    Pedoman Pelaksanaan Kegiatan UKS di Sekolah dan Madrasah .docx


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Pedoman Pelaksanaan Kegiatan UKS di Sekolah dan Madrasah . Semoga bisa bermanfaat.

    Lihat juga beberapa berita dan berkas lainnya terkait dengan Ekstrakurikuler Sekolah/Madrasah di bawah ini.

    Hosting Unlimited Indonesia


    Sumber http://www.berkasedukasi.com